Senin, 18 Juni 2012

Penggunaan Telur Dalam Pembuatan Roti.


Dalam pembuatan roti, ada bebagai macam cara yang dapat dilakukan agar roti lebih berkualitas. Disamping menggunakan bahan baku pilihan, hal yang penting juga di perhatikan adalah penggunaan telur ayam. Selain sebagai sumber protein, telur dalam pembuatan roti berfungsi memperbaiki susunan sel remah roti, memberikan kelembapan pada roti, serta memberi warna pada roti.

Penggunaan putih telur dalam pembuatan roti tawar, dapat meningkatkan kualitas. Sebab, putih telur akan memperbaiki kalitas protein tepung yang digunakan sehingga pengembangan roti bisa maksimal. Dengan cara ini, bila diketahui kandungan protein  tepung sedikit rendah, maka putih telur dapat digunakan maksimal sebanyak 5 persen dari total tepung terigu.

Di sisilain dalam pembuatan roti manis, kuning telur sangat dibutuhkan. Karena akan berdampak pada tekstur roti, warna, serat kelembapan roti yang akan bertahn lebih lama. Hal ini akan membuat roti manis menjadi tahan empuk lebih lama. Namun demikian, dalam pembuatan roti, telur tidak selalu digunakan. Sebab, dilihat dari penggunaan tepung terigu maka semakin kecil penggunanan telur.

Jenis
Putih Telur
Kuning Telur
Telur Utuh
Roti Tawar
Max 5%
-
-
Roti Manis
-
5% - 10%
5% - 25%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar